TENTANG DESA KEMUNING MUDA

Sejarah Desa


Desa Kemuning Muda merupakan Desa pemekaran dari Desa Bungaraya, mayoritas penduduk merupakan Eks Transmigran yang di datangkan dari jawa seperti Cilacap, Indramayu, Madiun, dan daerah lain yang jumlahnya lebih sedikit. Berkisar Tahun 1980-1982 dipimpin KUPT Sunar BA kemudian pada Tahun 1982 diganti oleh Wahman.

Melalui proses panjang Dusun  Tani mukti dan Dusun Suka Tani dari semak belukar dan hutan belantara menjelma menjadi sebuah Desa dan lahan sawah yang terbentang, semua itu tidak terlepas dari kerja keras masyarakat dan Pembina Pemerintah dalam pengembangan daerah baru. Terbukti untuk memudahkan para petani Tahun 1984 dibentuk kelompok tani dilanjutkan dengan penggalian parit sekunder dan primer pada Tahun 1985 pembinaan melalui program BIMAS dan INMAS. Dan tidak kalah pentingnya pemerintah melalui Bank Dunia Tahun 1995 membina dan membantu petani melalui program ISDP dan TDU.

Reformasi melahirkan Otonomi Daerah membawa angin segar sampai seluruh penjuru tanah air termasuk ke Dusun Tani Mukti dan Dusun Suka Tani merupakan bagian Desa Bungaraya. pada Tanggal 15 Juni 1999 diajukan  pemekaran Desa yang diketuai oleh Purwadi.  Pada Tahun 2000 DPRD Kab. Siak mengesahkan untuk Desa pemekaran yaitu Desa Langsat Permai, Kemuning Muda, Buantan Lesatari dan Tuah Indrapura. Di tahun 2001 penunjukan Renady, S.Sos sebagai  PJS Kepala Desa Kemuning Muda merupakan awal baru dari perjalanan panjang Desa Kemuning Muda kedepan. Penempatan Balai Dusun Tani Mukti sebagai Kantor Desa sementara, diakhir Tahun 2001 Desa Kemuning Muda mendapat bantuan  K-21 untuk ternak ayam potong namun hasilnya tidak memuaskan. Ditahun 2002 melalui musyawarah akhirnya bantuan K-21 dialokasikan untuk pembangunan Kios.

Pada Bulan Desember  Tahun 2002 Desa Kemuning Muda melaksanakan pesta Demokrasi pertama dengan diikuti Tiga Calon Kepala Desa yaitu Purwadi, Mahmud dan Rasito. Terpilih sebagai Kepala Desa Definitif Mahmud yang dibantu Supriadi sebagai SEKDES dan Nasimun sebagai Ketua BPD. Merupakan nilai plus dari kepemimpinan Mahmud dengan masuknya Kemuning Muda menjadi salah satu dari Empat Desa yang terpilih di  Kab. Siak yang mendapat bantuan perdana usaha Ekonomi Desa Simpan Pinjam ( UED- SP ) sebesar Rp. 500.000.000,- di Tahun 2003.

Untuk menghindari dan menyelesaikan konflik sengketa lahan diperbatasan Desa maka pada Tahun 2006 dilaksanakan penggalian tapal batas dengan daya swadaya. Tahun 2007 pergantian BPD dari Nasimun kepada Sunardi. Pada Tanggal 05 Juli  Tahun 2007 Desa Kemunig Muda melaksanakan panen raya yang dihadiri oleh Bupati Siak.

Pada Tahun 2008 masyarakat Desa Kemuning Muda  kembali melaksanakan pesta Demokrasi ke- 2 yang diikuti Dua Calon yaitu Narsim dan Rasito yang kemudian dimenangkan oleh Narsim.

Sebagai Kepala Desa Baru dibantu oleh Staf dan kelembagaan yang ada terus berbenah menjadikan Desa Kemuning Muda menjadi Desa yang tertib Administrasi. Di Tahun 2008 Desa Kemuning Muda mendirikan pendidikan usia dini ( PAUD ) dan di Tahun yang sama petani Kemuning Muda mendapat bantuan pupuk Urea, Tsp, dan Kcl dari Pemerintah. Tanggal 5 September  2008 Pemerintah Desa membentuk Tim penetapan dan penegasan tapal batas Desa yang diketuai oleh Warsidi untuk menyelesaikan dan penegasan batas Desa. Pada Tanggal 18 Maret 2009 awal PLTD masuk Desa dan berdirinya pasar malam Pemerintah Desa.

Pada Tanggal 21 Mei 2009 masyarakat Tiga Dusun melaksanakan dan menyaksikan pengangkatan Kepala Dusun setelah masing- masing Dusun melaksanakan pemilihan, terpilih sebagai Kadus Tani Mukti Sugianto, Tani Jaya Suwarno, dan Suka Tani Rasito. Pemerintah melalui dinas pertanian membatu penggilingan kompos untuk menambah pasokan pupuk alami diTahun 2009.

Pembangunan Turap Desa Kemuning Muda yang menghabiskan dana sekitar 2,4 Milyar adalah merupakan keberhasilan Pemerintah Desa dalam melaksanakan tertib Administrasi dan kesadaran masyarakat yang cukup tinggi dalam membayar pajak.  Suatu amanah Desa Kemuning Muda dipercaya Kec. Bungaraya untuk mengikuti Lomba Desa se- Kab. Siak pada tanggal 17 Mei 2010 yang menempatkan Desa Kemuning Muda pada posisi Desa  terbaik Dua se- Kab. Siak.  Pada Tahun 2010 Pemerintah Kab. Siak memberikan komitmennya kepada Desa Kemuning Muda dengan mengalokasikan Anggaran yang lebih besar dari Desa lain di Kecamatan Bungaraya yang angkanya mencapai 5 Milyar lebih.untuk pengendalian hama pada tanggal 29 September 2010 Petani bersama penyuluh pertanian melaksanakan penggopyokan tikus secara bersama.
 






                                                          



DEMOGRAFI DESA KEMUNING MUDA





        Desa Kemuning Muda merupakan salah satu Desa dari Kecamatan Bungaraya Kabupaten Siak di Provinsi Riau dengan Luas 10,5 Km2 dengan Topografi daratan. Desa Kemuning Muda terletak di dalam wilayah Kecamatan Bungaraya Kabupaten Siak Provinsi  Riau yang berbatasan:

-          Sebelah Utara berbatasan dengan Desa Jati Baru Kecamatan Bungaraya.
-          Sebelah Timur berbatasan dengan Desa Bungaraya Kecamatan Bungaraya.
-          Sebelah Selatan berbatasan dengan Desa Buantan Lestari Kecamatan Bungaraya.
-          Sebelah Barat berbatasan dengan Desa Tuah Indrapura Kecamatan Bungaraya.

Luas wilayah Desa Kemuning Muda adalah 10,5 Km2 dimana 60% berupa daratan dimanfaatkan sebagai lahan pertanian, dimanfaatkan untuk perkebunan 12%, perumahan 25%, dan lahan tidur 3 %.

Iklim Desa Kemuning Muda, sebagaimana Desa-Desa lain di wilayah Indonesia mempunyai Iklim Kemarau dan Penghujan, hal tersebut mempunyai pengaruh langsung terhadap pola tanam  pada lahan pertanian yang ada di Desa Kemuning Muda Kecamatan Bungaraya.






                   JUMLAH PENDUDUK 
       TAHUN 2010
















BERBAGAI PRESTASI YANG PERNAH 
DI RAIH PEMERINTAH
DESA KEMUNING MUDA




]